Banyak daerah dengan penduduk muslim yang mayoritas tetapi tidak mempunyai tempat ibadah. Hal ini disebabkan karena kekurang mampuan masyarakat untuk membangun masjid/mushola. Pada sisi lain kita juga mendapati banyak masjid kurang nyaman dan aman untuk beribadah, misalnya karena catnya yang sudah mengelupas, tidak ada karpet atau bahkan tidak ada kamar mandi dan tempat wudlu. Bahkan ada masjid-masjid didaerah yang dilanda kekeringan, kesulitan mendapati air untuk wudlu.

Program bangun masjid :

1. Bangun masjid
Dari masjid kita bangkit. Inilah slogan yang sering kita dengar. Artinya dari masjid lah kita akan memulai membangun masyarakat yang Islami dengan segala maknanya.
Program ini memberikan kesempatan bagi para donatur yang ingin membelanjakan hartanya di jalan Allah untuk beramal jariyah melalui masjid-masjid yang akan kita bangun di daerah-daerah yang belum ada masjid sama sekali.

2. Renovasi Masjid
Alhamdulillah. Atas karunia Allah lah semakin banyak masyarakat yang semakin yang sadar akan ibadah. Masjid-masjid tampak semakin kecil dikarenakan jumlah jama’ah yang semakin banyak. Tentu hal ini menuntut kita untuk bisa menyediakan sarana yang lebih memadai, seperti : perluasan masjid, lantainisasi (keramik), pembangunan tempat wudhu yang memadai, kamar mandi yang nyaman dan memperbaiki kerusakan – kerusakan masjid yang disebabkan oleh usia dan faktor alam.

3. Asesoris Masjid
Masjid bukan hanya bangunan persegi tanpa fasilitas. Masjid juga bukan hanya tempat untuk sholat semata, tapi juga sebagai tempat aktifitas pendidikan keagamaan dan sosial keagamaan. Tentu saja yang dibutuhkan adalah rasa aman dan nyaman dalam melakukan aktifitas-aktifitas tersebut. Sehingga, berbagai sarana dan prasarana seperti karpet, Jam waktu sholat, perpustakaan masjid, sound system, kipas angin (penyejuk ruangan) dan fasilitas penunjang yang lain adalah hal-hal yang sangat dibutuhkan guna menambah kekhusukan dalam beribadah.

4. Indonesia Mengaji
Al-Qur’an adalah wahyu Allah. Dan membaca Al-Qur’an adalah kewajiban yang harus ditunaikan oleh semua Muslim. Akan tetapi kita menemui realitas bahwa banyak orang Islam, baik anak-anak maupun dewasa, yang belum bisa membaca Al-Qur’an. Persoalan klasik yang selalu muncul berkaita dengan hal ini adalah ketiadaan ustadz-ustadzah serta keterbatasan kemampuan masjid menyediakan sarana prasarana penunjang kegiatan pengajaran Al-Qur’an. Kedua persoalan tersebutlah yang coba kami urai dengan program ini.
Program Pemberantasan buta huruf Al-Qur’an meliputi :
a. Penyediaan buku Iqro’
b. Penyediaan meja dan papan tulis
c. Penyediaan pengajar Iqro’

5. Sedekah air wudhu
Wudhu merupakan merupakan kewajiban bagi umat Islam yang akan menjalankan ibadah Sholat. Selama masih ada air dan tidak ada halangan, maka tidak sah sholat seseorang kalau tidak berwudhu.

Air untuk wudhu bagi sebagian besar kita mungkin tidak ada persoalan. Tapi mari kita lihat realitas di kampung. Betapa banyak masjid yang tidak dilengkapi dengan tempat wudlu. Berkaitan dengan ini pula, kita juga akan menemukan banyak masjid yang tidak dilengkapi dengan toilet dan kamar mandi.

Belum lagi didaerah rawan kekeringan seperti di Gunung Kidul (Yogyakarta) atau daerah-daerah lain, pada musim kemarau tidak ada air untuk berwudhu. Kalaupun ada bantuan air, bantuan itu untuk rumah tangga.
Berkaca dari persoalan tersebut, kami menawarkan program sedekah air wudhu.
Program ini meliputi :
a. Menyediakan sarana prasarana kamar mandi
b. Membangun tempat wudhu,
c. Membangun sumur,
d. Droping air wudhu di daerah kekeringan.

 

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Team Bangunmasjid.com